Minggu, 29 November 2009

Jadwal Sepakbola Sea Games 2009

Ujian sesungguhnya bagi timnas sepakbola u-23 Indonesia akan dimulai pada sabtu 5 Desember 2009, dalam pertandingan pertama Sea Games 2009 di Laos, menghadapi Singapura. Indonesia tergabung di grup B bersama tuan rumah Laos, Singapura dan Myanmar, dua tim teratas dari grup ini akan melangkah ke semifinal. Sedangkan komposisi grup A terdiri dari Thailand, Vietnam, Malaysia, Timor Leste dan kamboja.

Pelatih timnas u-23, Alberto Bica, memasang target lolos ke semifinal. Namun Indonesia perlu waspada terhadap kekuatan Laos dan Myanmar yang cenderung kuat di tim yuniornya selain Singapura yang selama ini telah menjadi rival berat Indonesia. Alberto sendiri mengaku buta terhadap kekuatan Laos dan Myanmar karena belum pernah melihat permainan mereka.

Rival terkuat di grup B, Singapura, sudah diketahui kekuatannya oleh Alberto setelah kalah 0-2 dalam ujicoba. Dalam beberapa pertandingan terakhir melawan Singapura, baik di level senior maupun junior, Indonesia selalu kesulitan untuk mengalahkan tim dari negeri singa ini. Pertandingan pertama akan mempengaruhi langkah selanjutnya dalam perjalanan Indonesia menuju kampiun Sea Games 2009.

Harapan Besar Masyarakat Indonesia

Setelah kegagalan dua tim nasional sepakbola Indonesia u-19 dalam kualifikasi Piala Asia U-19 beberapa waktu lalu, serta semakin sempitnya peluang Indonesia setelah hanya meraih satu poin dari dua pertandingan melawan Kuwait dalam Pra Piala Asia 2011. Tim yang akan berlaga di Laos ini menjadi harapan terakhir dalam menuntaskan dahaga prestasi sepakbola nasional tahun ini.

Sepakbola Indonesia terakhir kali mencapai prestasi tertinggi dalam ajang Sea Games adalah pada Sea Games Manila 1991. Sudah 18 tahun Indonesia tidak mampu meraih prestasi tertinggi di ajang ini. Dua tahun lalu meskipun menurunkan pemain yang telah berlatih di Belanda, Indonesia tetap tak mampu berbuat banyak setelah kalah bersaing dalam penyisihan grup oleh Thailand dan Myanmar (kini satu grup lagi dengan Indonesia).

Meskipun harapan besar berada di pundak para anak-anak muda penghuni timnas u-23, namun jangan sampai hal ini membebani permainan mereka. Tampil lepas dan bermain baik pasti akan mendapat apresiasi tinggi dari masyarakat pecinta sepakbola nasional. Tim yang berlaga di Laos ini harus berkaca dari penampilan apik adik-adik mereka (u-19), jangan menganggap remeh lawan dan tetap tampilkan permainan terbaik.

Complete Schedule Football in Sea Games 2009


2 Desember 2009 : Malaysia vs Timor Leste, Thailand vs Vietnam
4 Desember 2009 : Thailand vs Kamboja, Vietnam vs Timor Leste
5 Desember 2009 : Indonesia vs Singapura, Laos Myanmar
6 Desember 2009 : Vietnam vs Malaysia, Timor Leste vs Kamboja
7 Desember 2009 : Myanmar vs Singapura, Indonesia vs Laos
8 Desember 2009 : Timor Leste vs Thailand, Kamboja vs Malaysia
10 Desember 2009 : Indonesia vs Myanmar, Singapura vs Laos
11 Desember 2009 : Kamboja vs Vietnam, Malaysia vs Thailand
14 Desember 2009 : SEMIFINAL
17 Desember 2009 : FINAL

2 komentar:

  1. Tidak ada yg menyiarkan SEAG di Indonesia karena hak siar terlalu mahal.Kalau mau nonton stremingnya bisa lihat di http://12paz.blogspot.com/2009/12/tv-sea-games.html

    BalasHapus