Rabu, 04 November 2009

Singapore vs Indonesia (3-1) 4-11-2009

Timnas senior mendapatkan hasil mengecewakan dalam pertandingan ujicoba melawan Singapura di Stadion National, Kallang, Rabu [4/11] malam WIB, menelan kekalahan 3-1.

Hasil itu tentu menjadi modal tidak bagus menjelang pertandingan kualifikasi Piala Asia 2011 melawan Kuwait pada 14 dan 18 November mendatang. Apalagi, kekalahan ini disebabkan timnas senior tidak mampu mengantisipasi bola mati dan umpan lambung pemain Singapura.

Benny Dollo, pelatih timnas senior tetap menerapkan skema 4-2-3-1 dengan menempatkan Bambang Pamungkas sebagai penyerang tunggal. Sedangkan Singapura menggunakan formasi 4-4-2. Bendol, sapaan Benny, mengganti posisi kiper Ferry Rotinsulu dengan Markus Haris Maulana.

Dalam pertandingan yang disaksikan sekitar 6.000 penonton ini, belasan diantaranya suporter Arema Malang yang bekerja di Singapura, pemain Singapura, Shaiful Esah, menjadi bintang dengan membuat tiga assist untuk tiga gol tim Singa.

Indonesia mengambil inisiatif menyerang. Namun itu hanya bertahan selama lima menit. Setelah itu, Singapura mendominasi. Sepuluh menit laga berjalan, gawang Markus sudah kebobolan melalui tandukan ujung tombak Alexander Duric memanfaatkan umpan lambung dari tendangan bebas Shaiful.

Namun keunggulan Singapura tidak bertahan lama, karena Eka Ramdani mampu menyamakan kedudukan dua menit kemudian lewat tendangan kerasnya dari luar kotak penalti yang tak mampu dibendung kiper kedua Hassan Sunny.

Singapura kembali unggul pada menit ke-21 melalui tandukan Noh Shah Alam. Penyerang Arema itu memanfaatkan tendangan bebas Shaiful dari sayap kanan. Hingga babak pertama usai, skor 2-1 untuk keunggulan Singapura tidak berubah, walau timnas senior berbalik mendominasi permainan untuk mengejar ketertinggalan.

Di babak kedua, Bendol melakukan perubahan dengan memasukkan Nova Arianto serta menarik keluar Hariono. Namun perubahan ini tidak membuahkan arti. Singapura justru menambah gol di menit ke-60 melalui Duric yang memanfaatkan sepak pojok Shaiful.

Pasca gol itu, timnas senior kembali mendominasi permainan. Namun, buruknya koordinasi membuat serangan yang dibangun mudah dibaca pemain lawan. Hingga pertandingan berakhir, timnas senior tidak mampu mencetak gol, dan harus mengakui kekuatan Singapura.

Susunan pemain :

Singapura : Hassan Sunny (Lewis 45), Ridhuan (Khairul Amri. 69), Baihakki, Noh Rahman (C), Alam Shah, Duric, Wilkinson, Mustafic (Hariss Harun 57), Bennett (Precious Emuejeraye 72), Ishak, Shaiful Esah.

Indonesia: Markus (Ferry Rotinsulu 71), Charis Yulianto (C), Ponaryo, Ismed Sofyan, M Ilham (Muhammad Ridwan 69), Hariono (Nova Arianto 45), Arif Suyono (Musyafry 40), Bambang (Saktiawan Sinaga 74), Eka Ramdani, Isnan Ali (M Nasuha 78), Maman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar