Minggu, 06 Desember 2009

Indonesia U-23 2 - 2 Singapore U-23 (5-12-09)

SEA Games Laos 2009 Group B Matchday 1

Timnas sepak bola U-23 Indonesia berbagi angka setelah bermain imbang 2-2 melawan Singapura di laga perdana grup B SEA Games XXV 2009 Laos, Sabtu (5/12).

Bermain di Stadion Utama National Sport Complex, Vientiane, Laos, Indonesia bermain kurang tenang khususnya di lini tengah dan belakang. Bahkan kiper Franky Irawan juga terlihat kurang tenang setiap mengamankan gawangnya.

Di menit keenam, striker Singapura Muhammad Safuwan menyambar bola tinggi dengan tandukan yang tidak mampu dijangkau Franky.

Singapura terus menekan pertahanan Indonesia. Dari satu tendangan bebas dari luar kotak penalti, Mohammad Saiful bin Esah Nain kembali menjinakkan Franky di menit ke-23.

Tendangan "pisang" kaki kiri Saiful sukses membidik tiang jauh gawang Indonesia, saat Franky sudah mati langkah untuk menggapai bola tersebut. 2-0 untuk Singapura.

Indonesia mulai bangkit setelah gol Stevie Bonsapia yang mendapat umpan silang dari Sultan Samma yang menusuk dari sayap kiri dengan terlebih dulu melewati dua pemain belakang Singapura di menit 42. Gol itu menjadi pelecut permainan Indonesia, meski sampai jeda kedudukan tidak berubah.

Pada babak kedua, Indonesia tampil dominan. Beberapa kali permainan cepat Boaz Salossa dan Engel Bert membuat kalang kabut pertahanan Singapura.

Indonesia akhirnya mampu menyamakan kedudukan melalui sundulan Rendy pada menit ke-64, memaksimalkan tendangan sudut yang dilakukan Tony Sucipto.

Manajer Indonesia Andi Darussalam Tabusalla dikutip dari Humas PSSI menyatakan, seharusnya Indonesia bisa memenangkan pertandingan, bila pada babak kedua, para pemain tampil lebih tenang.

"Ada sekitar empat peluang emas yang gagal menjadi gol. Padahal di babak kedua, Singapura sudah kehabisan tenaga. Sayang, anak-anak kurang tenang. Selain itu, mereka kurang berani bermain cepat dari kaki ke kaki," katanya.

Indonesia selanjutnya akan menghadapi Laos pada Senin (7/12), di Stadion Chao Anu-vong. Sebelumnya di tempat yang sama, Myanmar menghadapi Singapura.

Sementara itu pada pertandingan lain, tuan rumah Laos juga hanya bisa meraih satu poin. Menghadapi Myanmar, Laos yang mendapat dukungan penuh dari suporternya, bermain imbang 1-1.

Hasil ini membuat Indonesia dan Singapura untuk sementara di puncak klasemen Grup B, sedangkan Laos dan Myanmar membuntuti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar