Minggu, 06 Desember 2009

JUVENTUS 2 – 1 INTER (5-12-09)

Serie A 2009/2010 Matchday 15

Juventus berhasil memenangi duel klasik bertajuk Derby D'Italia menghadapi Inter Milan. La Vecchia Signora berhasil menundukkan Nerazzurri 2-1 pada Giornata ke-15 Serie A di Stadion Olimpico Turin, Minggu (6/12/2009) dini hari.

Duel sengit nan penuh intrik memang selalu mewarnai gelaran partai ketat dua tim terbaik di ranah Italia ini. Baru menit ke-7, Inter langsung mendapatkan peluang melalui Diego Milito setelah memanfaatkan umpan Thiago Motta. Namun, bek pinjaman Juve dari Barcelona, Martin Caceres tampil heroik dengan menggagalkan peluang tersebut.

Namun, pada menit ke-21 Inter dikagetkan dengan gol pembuka Juventus yang dilesakkan gelandang enerjik Felipe Melo. Berawal dari tendangan bebas Diego Ribas yang jatuh tepat ke depan gawang Julio Cesar, Melo berhasil mencari celah dan menyambutnya dengan tendangan lemah yang mengecoh Cesar. 1-0 Juve unggul.

Gol Melo ini pun sempat diprotes pelatoh Inter Jose Mourinho yang merasa telah terjadi pelangaran sebelum gol tersebut tercipta. Namun, protes keras The Special One berujung malapetaka. Mourinho diganjar kartu merah oleh wasit dan harus mendampingi timnya dari bench penonton.

Tanpa dampingan Mourinho, Inter tetap mampu merespon dengan baik permainan kolektif anak-anak asuh Ciro Ferrara. Inter bahkan hanya membutuhkan lima menit untuk membuat kedudukan kembali imbang. Pada menit ke-26, Samuel Eto'o berhasil menyambut umpan silang Javier Zanetti untuk kemudian melepaskan sundulan yang tak kuasa dihalau Gianluigi Buffon yang telah mati langkah. Skor 1-1 bertahan hingga turun minum.

Babak kedua dimulai, kedua tim kembali menampilkan pertarurangan sengit. Adu kekuatan kedua kubu khususnya di lini tengah pun kerap mewarnai laga dan menjadi kunci utama kedua tim dalam membuka peluang. Tak ayal, Melo, Diego dan Sissoko kerap terlibat pertarungan keras dengan Thiago Motta, Cambiasso, dan Dejan Stankovic.

Setelah bertarung sengit, Juve akhirnya kembali unggul pada menit ke-58 melalui gelandang muda Claudio Marchisio. Berawal dari tendangan keras Momo Sissoko yang tak mampu ditangkap dengan baik oleh Cesar, Marchisio berhasil mengkontrol bola dan melewati satu hadangan bek Inter sebelum melepaskan sontekan manis yang melewati hadangan Cesar. 2-1 Juve kembali memimpin.

Tertinggal satu gol, Inter semakin ngotot melakukan serangan. Alhasil, permainan keras pun mulai dilancarkan kedua kubu. Akibat kerasnya tensi pertandingan, kedua kubu bahkan sempat terlibat bentrokan dan memaksa wasit menghentikan pertandingan selama beberapa saat.

Kendati beberapa saat kemudian adu argumen yang sempat melibatkan Gianluigi Buffon dan Thiago Motta ini berakhir, namun tensi panas duel klasik ini tak juga mereda. Melo pun menjadi korban. Gelandang Timnas Brasil ini diusir wasit setelah menerima kartu kuning kedua, akibat sikutan yang silancarkannya kepada Mario Balotelli. Namun anehnya, Balotelli yang dalam tayangan ulang terlihat mendapat sikutan di dada, justru memegang wajah seakan mendapat sikutan di area tersebut. Apakah keputusan wasit mengusi Melo tepat?

Terlepas dari insiden diusirnya Melo pada menit ke-85, pertandingan kembali dilanjutkan. Namun, Inter gagal memanfaatkan keunggulan jumlah pemainnya di sisa lima menit pertandingan untuk menyamakan kedudukan. Alhasil, skor 2-1 untuk keunggulan Juventus pun bertahan hingga laga usai.

Dengan kemenangan ini, Juventus menempel ketat AC Milan di peringkat kedua. Bianconerri kini mengoleksi 30 poin atau tertinggal satu poin dari Milan yang beberapa jam sebelumnya sukses menundukkan Sampdoria 3-0. Sementara bagi Inter, kekalahan ini membuat mereka gagal mengamankan margin keunggulan tujuh poin atas para pesaingnya. Kendati masih bercokol diperingkat pertama, namun La Beneamata kini hanya unggul empat poin dari AC Milan di tempat kedua dan lima poin dari Juventus.

Serie A 2009/10 - 15th match day
Turin, Olympic Stadium
Saturday 5th December, 2009

JUVENTUS – INTER: 2-1

Scorers : Melo (20th), Eto’o (26th), Marchisio (58th)

JUVENTUS: Buffon; Caceres, Chiellini, Cannavaro, Grosso; Marhcisio (Poulsen 80th), Melo, Sissoko, Diego (Grygera 90th); Del Piero (Del Piero 70th), Amauri. Reserves: Manninger, Grygera, Legrottaglie, Poulsen, Camoranesi , Giovinco, Trezeguet. Coach: Ferrara.

INTER: Julio Cesar; Zanetti, Lucio, Samwel (Materazzi 89th), Chivu, Cambiasso (Mancini 78th), Motta, Stankovic, Muntari (Balotelli 60th), Milito, Eto’o. Reserves: Toldo, Cordoba, Materazzi, Vieira, Khrin, Mancini, Balotelli. Coach: Mourinho.

REFEREE: Saccani

Yellow Cards: Samwel (27th), Amauri (80th), Caceres (92nd),

Red Card: Mourinho (22nd), Melo (86th)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar