Rabu, 05 Agustus 2009

Timnas Indonesia

Skuad Timnas Perlu Negosiasi Ulang

Badan Liga Indonesia (BLI) menganjurkan klub melakukan negosiasi ulang kepada pemain yang dipanggil Timnas Indonesia. Anjuran ini muncul karena pemain timnas tidak bisa tampil penuh membela klub secara penuh.

Seluruh pemain timnas harus mengikuti pemusatan latihan jangka panjang yang dimulai tanggal 24 September 2009, sebelum melakoni babak kualifikasi Piala Asia 2011 melawan Kuwait, Oman, dan Australia pada bulan Desember dan Januari.

"Klub masih memiliki kesempatan melakukan rasionalisasi gaji pemain yang tenaganya dipakai timnas. Negosiasi ulang bisa dilakukan karena pelum ada pemain timnas yang disahkan BLI untuk tampil di kompetisi," kata Direktur Kompetisi BLI Joko Driyono, Rabu (5/8/2009).

Joko mengakui, kebijakan tersebut akan menurunkan pemasukan pemain timnas dari klub tempatnya bernaung. Karena itu, Badan Timnas Indonesia (BTN) disarankan memberi bayaran setimpal pada pemain timnas sehingga semangat mereka tidak menurun. BTN sendiri menyiapkan gaji antara Rp20-25 juta kepada pemain timnas. BLI akan menggelar forum pada pertengahan Agustus ini untuk menyosialisasikan kebijakan tersebut kepada klub.

Kompetisi Liga Super musim 2009-2010 sendiri akan bergulir selama delapan bulan, mulai Oktober 2009 hingga Mei 2010. Kompetisi diwajibkan tuntas sebelum Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan dimulai. Molor jadwal pun dipastikan tidak akan terjadi. "Alasan ini yang membuat kami (BLI) mengikuti kebijakan PSSI agar memperhatikan agenda timnas," imbuh Joko. (msy)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar