Sabtu, 14 November 2009

Kuwait 2 - 1 Indonesia (14-11-09)

2011 AFC Asian Cup Qualification Group B Matchday 3

Timnas Indonesia gagal menahan imbang Kuwait dan dipaksa menyerah 1-2 (1-0) dalam pertandingan kualifikasi Piala Asia Grup B di Stadion Kuwait SC, Kuwait City, Sabtu malam waktu setempat (Minggu dinihari WIB).

Pada babak pertama pertandingan itu, pelatih Benny Dollo menempatkan Bambang Pamungkas dan TA Musafri di lini depan, sementara lini belakang dipasang Isnan Ali, Maman Suryaman, Charis Yulianto, dan Ismed Sofyan, serta kiper Markus Horison.

Kuwait mendominasi serangan dalam pertandingan yang disiarkan televisi RCTI itu, sedangkan Indonesia mengandalkan serangan balik.

Ketika Ponaryo Astaman, Syamsul, Ilham, dan Eka Ramdani mencoba membangun serangan di lini tengah pada pertengahan babak pertama. Satu serangan berbahaya salah seorang pemain Kuwait menghantam mistar gawang Indonesia.

Menit 25, bek M Ridwan masuk menggantikan Isnan Ali karena pelatih Benny Dollo ingin mengubah formasi lini belakang. Upaya Benny tidak sia-sia, karena setelah itu tandukan Bambang Pamungkas di menit ke-32 memanfaatkan umpan matang Ismed dari pojok lapangan, membuat bola melesak ke gawang Kuwait. Kedudukan berubah 1-0 untuk Indonesia.

Babak kedua, Indonesia mulai mampu mengembangkan serangan lewat para pemain dari lini tengah dari kaki ke kaki. Menit 58, M Ilham mengganjal salah seorang pemain Kuwait sehingga diganjar hukuman penalti oleh wasit. Pemain nomor punggung 17, Bader Al Mutuwa, berhasil mengeksekusi penalti dan mengecoh kiper Indonesia Markus Horison. Kedudukan menjadi imbang 1-1. Benny Dollo memasukkan Hariono menggantikan Ponaryo pada menit ke-65.

Satu peluang Bambang di menit 75, saat ia terlepas dari kawalan pemain belakang Kuwait, sayang tidak membuahkan poin karena ia sudah dalam posisi offside.

Selanjutnya, pada menit 77, Firman Utina masuk menggantikan Eka Ramdani. Menit 79 terjadi sedikit benturan pada Markus oleh pemain Kuwait.

Menit 86, Bader menambah gol untuk Kuwait dari kanan pertahanan Indonesia. Kedudukan berubah Kuwait unggul 2-1.

Satu peluang emas lewat kaki Bambang Pamungkas di menit-menit akhir mampu ditepis pemain belakang Kuwait setelah kiper Kuwait keluar dari sarangnya. Kedudukan tidak berubah 2-1 untuk Kuwait.

Dengan hasil ini, Indonesia tetap dua poin dari tiga kali pertandingan sementara Kuwait mengumpulkan enam poin. Pertandingan di grup B lainnya juga berlangsung antara Oman melawan Australia. Pertandingan kedua (leg 2) melawan Kuwait akan digelar di Jakarta pada 18 November.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar